Jumat, 17 Februari 2012

keunggulan dan kelemahan TIK dalam pendidikan

                          Keunggulan Dan Kelemahan Dengan Pembelajaran Google Earth

Artikel tersebut mengulas tentang keunggulan dan kelemahan pemanfaatan teknologi. Menurut Commision on Instructional Technology dalam Danim (1972) mengungkapkan bahwa keuntungan pemanfaatan  teknologi untuk pembelajaran adalah sebagai berikut :
 (1) teknologi membuat pendidikan lebih produktif
 (2) teknologi menunjang pembelajaran individual
 (3) teknologi membuat pendidikan lebih ilmiah
 (4) teknologi membuat pembelajaran lebih powerful
  (5) teknologi membuat hubungan antara dunia luar dengan dunia dalam (sekolah) dapat saling terhubung.
Dalam menggunakan Google Earth pengguna harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google Earth secara online, setelah itu untuk memanfaatkan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara online maupun dengan cara offline. Untuk penggunaan secara offline maka pengguna harus mengunduh dahulu wilayah yang akan dijadikan objek kajian sehingga dapat memudahkan saat menjelaskan dalam proses belajar mengajar.
Namun Google Earth memiliki kelemahan yaitu membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi saat pembelajaran dilakukan secara online.
Artikel tersebut terlihat singkat namun kontens dar bacaannya cukup dipahami dan memberikan pengetahuan yang cukup berarti .

Teori piaget


Teori perkembangan kognitif


Teori Perkembangan Kognitif, dikembangkan oleh Jean Piaget, seorang psikolog Swiss yang hidup tahun 1896-1980. Teorinya memberikan banyak konsep utama dalam lapangan psikologi perkembangan dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan, yang bagi Piaget, berarti kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata—skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya— dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme, yang berarti, tidak seperti teori nativisme (yang menggambarkan perkembangan kognitif sebagai pemunculan pengetahuan dan kemampuan bawaan), teori ini berpendapat bahwa kita membangun kemampuan kognitif kita melalui tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan. Untuk pengembangan teori ini, Piaget memperoleh Erasmus Prize. Piaget membagi skema yang digunakan anak untuk memahami dunianya melalui empat periode utama yang berkorelasi dengan dan semakin canggih seiring pertambahan usia:
  • Periode sensorimotor (usia 0–2 tahun)
  • Periode praoperasional (usia 2–7 tahun)
  • Periode operasional konkrit (usia 7–11 tahun)
  • Periode operasional formal (usia 11 tahun sampai dewasa)

Senin, 13 Februari 2012

Tips Disayang Peserta didik

Bagi guru peserta didik adalah bagian dari kehidupannya. karena setiap hari ia akan melihat wajah, senyum, marah, celoteh bahkan tangisan anak didiknya. sehingga akan terjalinlah hubungan emosional yang cukup erat bagi guru dan peserta didik. tapi taukah anda jika kita ingin dicinta oleh anak didik kita, kitalah yang harus mengerti akan kebutuhan mereka. untuk itu jadilah sosok guru yang selalu "dikangeni" ada maupun tak ada kita disisi mereka. uhuuuuuy kalo sudah seperti itu, kelas sudah seperti lingkungan yang indah yang nyaman tempat kita berbagi kasih, berbagi ilmu dengan mereka tanpa ada yang tersakiti satu sama lain. 9 Tahun saya menjadi seorang guru memberikan pengalaman yang luar biasa terhadap diri saya inilah tips nya :
1. jadikan peserta didik kita orang yang paling diutamakan dikelas
2. selalu tersenyum, ramah dan ikut peduli dengan keluh kesah mereka
3. Tidak membedakan antara yang unggul dan kurang
4  Berikan sentuhan -sentuhan lembut pada mereka setiap kali bertemu
5  Selalu menyakan apa yang menjadi kesukarannya
6.  Beri kesan terbaik dari Tutur kata, sikap dan prilaku kita
7. Sabar dan kontrol emosi
Demikian Tips dari saya. semoga dapat diterapkan. Maju terus Pendidik Indonesia ! Semangat !